4 Tanda Bahaya Kekurangan Nutrisi pada Anak

Nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, untuk itu kita harus selalu memenuhi kebutuhuan nutrisi untuk tubuh. Namun masih banyak orang yang masih mengalami kekurangan nutrisi pada tubuh mereka.

Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya bayi atau anak-anak yang menderita kekurang gizi dan tidak jarang karena kurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, dapat menyebatkan tubuh mudah sekali terserang penyakit.

4 Tanda Bahaya Kekurangan Nutrisi pada Anak

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat memperngaruhi nilai status gizi pada tubuh seseorang, di mana ketika kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh terpenuhi maka akan memperangarui pertumbuhan fisik, kemampuan kerja, kesehatan tubuh dan perkembangan otak menjadi meningkat.

Begitu pun sebaliknya, jika tubuh mengalami kekurang gizi atau nutrisi, maka bisa dipastikan tubuh akan menjadi lemah dan akan mengalami ganguan. Untuk memperjelas apa saja yang akan terjadi jika tubuh mengalami kekurangan nutrisi menurut wyeth parenting, mari perhatikan ulasannya dibawah ini :

  • Produksi Tenaga Berkurang

Akibat dari kekurangan gizi atau nutrisi yang pertama adalah berkurangnya produksi tenaga untuk tubuh kita. Jika di ibaratkan tubuh adalah sebuah mesin maka nutrisi lah bahan bakar untuk menjalankan mesin tersebut, untuk itu lah jika tubuh mengalami kekurangan nutrisi maka dapat mengakibatkan tubuh mudah sekali capek sehingga produktifitas menjadi menurun.

  • Menurunnya Daya Tahan Tubuh atau Sistem Imun

Ketika seseorang mengalami kekurangan nutrisi karena asupan makanan tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh, maka dapat mengakibatkan sistem imun tubuh dapat menurun atau melemah. Jika imunitas seseorang di biarkan terus turun, maka selanjutnya seseorang tersebut akan mudah untuk terserang suatu penyakit ringan seperti diare, flu dan batuk.

  • Menganggu Proses Perumbuhan Anak

Ketika seorang anak mengalami kekurangan nutrisi untuk tubuhnya di khawatirkan hal tersebut dapat mengakibatkan terganggunya proses pertumbuhan pada anak tersebut, di mana untuk usia anak-anak merupakan masa yang memperlukan asupan nutrisi yang cukup sehingga pertumbuhan mereka menjadi lancar.

Sebagai contoh jika seorang anak mengalami kekurang protein, maka dalam proses pertumbuhannya ia akan memiliki otot-otot yang lembek dan jika lebih parah rambut mereka akan mudah rontok.

  • Menurunkan Fungsi Otak

Bahaya Kekurangan gizi yang selanjutnya adalah dapat mengganggu fungsi otak secara permanen. Hal ini karena ketika kebutuhan nutrisi otak tidak terpenuhi, maka otak tidak dapat melakukan kerjanya sebagai mana mungkinnya.

Sedangkan untuk orang dewasa yang mengalami kekurangan nutrisi menyebabkan otak tidak bisa lagi melakukan regenerasi sel otak yang telah mati, sehingga fungsi otak menjadi tidak normal seperti semula.

Untuk anda yang tidak ingin hal tersebut terjadi pada diri anda bisa mengkonsumsi pisan ambon sejaran rutin, di mana kandungan gizi yang ada di dalam pisang ambon dapat memberikan asupan untuk otak.