Penyebab Batuk Berdahak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Batuk Berdahak dan Cara Mengatasinya

Rabu, 5 Juli 2017 - Kesehatan

Penyebab Batuk Berdahak dan Cara Mengatasinya – Batuk berdahak memang lebih menyakitkan dan menyebabkan pita suara menjadi parau. Hal ini dikarenakan letak pita suara tersebut berada di dekat tenggorokan yang mempunyai banyak dahak. Karena itulah, frekuensi batuk berdahak di saat malam hari akan lebih sering ketimbang siang harinya. Pasalnya dahak yang menempel di tenggorokan sulit keluar jika masih kental dan tak encer.

Baca Juga: Market Research Iran

Umumnya batuk terjadi karena adanya rangsangan tertentu seperti debu di bagian hidung, saluran pernapasan, dan telinga. Selepas itu, reseptor batuk akan memberikan sinyal kepaa otot-otot dalam tubuh untuk mengeluarkan benda asing melalui proses batuk tersebut. Terjadinya batuk berdahak sering membuat dada terasa sesak dan saluran nafas sesak. Beberapa penyebab batuk berdahak dan cara mengatasinya bisa disimak di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengobati Batuk Berdahak

Penyebab Batuk Berdahak

  • Alergi

Akibat alergi tertentu maka seseorang akan terkena batuk terutama pada alergi dingin. Biasanya alergi dingin menyebabkan seseorang menjadi flu maupun batuk saat bersamaan baik di pagi hari maupun di malam hari. Setidaknya penderita alergi melakukan tes alergi secara alami dengan bantuan dokter.

  • Virus

Penyebab utama batuk berdahak paling umum adalah virus. Dimana virus bisa memicu batuk disertai dengan pilek. Pasalnya jika ada dahak yang mengisi tenggorokan biasany alendir yang berasal dari dalam hidung.

  • Batuk Rejan

Batuk rejan merupakan kondisi batuk yang terburuk bagi penderitanya. Penyakit tersebut sering menimpa anak-anak balita terutama balita yang tidak dilakukan vaksinasi untuk mencegah terjadinya batuk rejan.

  • Sakit Flek

Sakit flek rupanya mampu memicu penyebab batuk berdahak pada anak-anak atau bayi. Flek merupakan gejala TBC pada anak, oleh sebab itu untuk mengatasinya harus dengan pengobatan rutin dan dengan rontgen paru-paru.

Cara Mengobati Batuk Berdahak

  1. Kecap dan Jeruk Nipis

Untuk mengobati batuk berdahak maka bisa mencampurkan kecap dan jeruk nipis. Adapun cara mengolahnya adalah dengan membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian. Kemudian diperas jerup nipis tersebut dan masukkan ke dalam gelas. Tambahkan kecap sebagai rasa manis agat tidak terlalu asam. Barulah diminum secara bersamaan antara kecap dan jeruk nipis, minimal 2-3 kali sehari.

  1. Gula, Sirih, dan Kencur

Selain menggunakan campuran kecap dan jeruk nipis, anda bisa membuat obat herbal dengan perpaduan gula, sirih dan kencur. Sediakan dahulu bahan-bahannya, lalu iris daun kencir dan campurkan dengan daun sirih. Rebus menggunakan air 600 cc dan saring air rebusan tadi dan berikan gula. Selanjutnya minum ramuan tersebut minimal 2 kali sehari.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena banyak mempunyai kandungan baik di dalamnya. Untuk menjaga kebersihan tenggorokan, sebaiknya konsumsi air putih dengan jumlah yang banyak. Ada baiknya minum air putih minimal 8 gelas di setiap harinya. Hal ini berguna agar penderita batuk berdahak tidak mengalami dehidrasi.

Demikian informasi dari Penyebab Batuk Berdahak dan Cara Mengatasinya yang bisa anda ketahui. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.