Cara Mengatasi Berbagai Jenis Permasalahan Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Berbagai Jenis Permasalahan Anak Susah Makan

Senin, 16 Oktober 2017 - Keluarga

Susah makan yang dialami oleh si kecil kondisinya ada bermacam-macam. Ada yang enggan untuk makan nasi, ada yang tidak suka makan sayur, ada yang justru menolak makan sama sekali. Menghadapi berbagai masalah dalam hal susah makan pada anak ini pastinya harus disiasati dengan cermat agar si kecil tak lagi bermasalah dalam makannya. Nah bagaimana sih cara mengatasi anak susah makan secara baik dan benar? Yuk simak

 

Mengenal jenis permasalah susah makan yang dialami oleh anak jelasnya merupakan hal yang penting untuk dipahami oleh ibu agar juga ibu mengetahu cara mengatasi anak yang susah makan. Nah, dalam mengatasi anak yang susah makan, salah satu kunci yang tak kalah penting agar ibu pahami dan praktekkan adalah jangan memaksa si kecil untuk makan ketika ia menolak makan.

 

Pemaksaan yang dilakukan kepada anak hanya akan membuat anak tetekan yang justru bisa mengakibatkan ia benci dengan kegiatan makan dan bahkan bisa jadi juga akan membuat kedekatannya dengan ibu menjadi kurang nyaman. Nah, untuk lebih lengkapnya lagi berikut ini beberapa jenis permasalah susah makan yang cukup sering dialami oleh anak dan sekaligus cara mengatasinya :

 

  • Menolak Makan

Bagi anak-anak, makan merupakan salah satu keterampilan yang baru dikuasai olehnya. Ia pun dalam tahap belajar untuk memasukkan makanan ke mulutnya sehingga kegiatan ini pun mejadi sangat penting dan tak heran jika sebagian anak pun dapat menghabiskan makanan yang disajikan oleh ibu namun mendadak berikutnya menolak makanan. Cara mengatasi anak yang susah makan dalam hal ini bisa dilakukan dengan ganti dengan kudapan yang bergizi untuk menggantikan makan utama yang ditolak si kecil.

 

  • Memilih Makan Tertentu

Nah, ini adalah masalah susah makan yang paling sering terjadi pada anak-anak. Apalagi anak-anak di rentang usia 3 sampai 5 tahun yang sudah cukup banyak memahami berbagai hal baru di lingkungannya. Memang perlu waktu agar anak juga semakin mengenal banyak jenis makanan yang sehat dan memang sepatutnya untuk dikonsumsi olehnya.

 

Kalau dalam hal ini, cara mengatasi anak yang susah makan bisa dilakukan dengan perkenalkan si kecil dengan berbagai makanan sehat secara bertahap, baik memperkenalkan sayur, buah, biji-bijian maupun sereal, lauk sampai dengan susu. Jelaskan padanya manfaat setiap makanan sehat tersebut untuk menjaga kesehatannya agar ia pun tertarik.

 

  • Menolak Makan Setelah Sebelumnya Banyak Makan

 

Ada juga permasalah makan pada anak dimana ia hari ini tidak mau makan dikarenakan kemarin ia sudah makan banyak. Solusinya adalah ajarkan si kecil untuk makan di jam yang tepat dan sajikan makanan dalam porsi yang cukup, tidak berlebih.

 

Ingatlah bahwa anak-anak masih memerlukan perkenalan dengan jam makan hingga ia terbiasa makan dalam jumlah yang cukup dan di waktu yang tepat. Sehingga resiko ia menolak makan karena beralasan sudah makan banyak sebelumnya bisa lebih diminimalisir, dan tentu asupan nutrisi yang diterima si kecil dapat diperoleh secara bertahap dengan lebih baik.

 

Nah, selain itu, ada satu cara megatasi anak yang susah makan adalah dengan memberinya susu Wyeth S-26 NutriSure Gold yang diformulasikan secara khusus untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi anak usia 1 sampai 10 tahun yang bermasalah makan.