4 Makanan Pantangan Asam Lambung yang Sebaiknya Dihindari

4 Makanan Pantangan Asam Lambung yang Sebaiknya Dihindari

Kamis, 16 Februari 2017 - Kesehatan

Makanan Pantangan Asam Lambung  РTernyata peningkatan asam lambung ini berkaitan erat dengan makanan maupun minuman yang kita konsumsi. Oleh sebab itu, penting untuk kita ketahui bersama makanan dan minuman apa saja yang dapat menjadi pantangan asam lambung itu sendiri. Sebenarnya asam lambung yang mengalami peningkatan merupakan salah satu penyebab utama penyakit maag. Gejala yang dapat ditimbulkan dari adanya peningkatan asam lambung maupun sakit maag tersebut seperti nyeri di bagian lambung serta ulu hati, muncul rasa begah di bagian perut, terasa kembung, mual hingga muntah, badan mudah lelah, nafsu makan yang berkurang, dan siklus buang air besar yang tidak normal.

Baca Juga: Pulau Tidung

Nah, sakit maag ini juga sering kali kambuh dan juga dapat berlangsung secara akut serta kronis. Penyakit ini pun sudah banyak diderita oleh kalangan masyarakat luas serta tak boleh dianggap sepele begitu saja karena bisa menimbulkan kefatalan bila terjadi suatu komplikasi penyakit. Penderita memang harus waspada terhadap makanan pantangan asam lambung supaya tidak dikonsumsi secara sering agar terhindar dari penyakit maag.

Baca Juga:

Memiliki penyakit asam lambung ini pastinya akan terasa cukup mengganggu terlebih bila terjadi pada momen-momen penting. Untuk itu, kita pun harus berhati-hati khususnya dalam mengonsumsi makanan dan minuman sehari-hari. Bila Anda memiliki riwayat penyakit maag, maka ada baiknya untuk menghindari berbagai jenis makanan pantangan asam lambung yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Makanan pedas

Bagi anda yang gemar mengonsumsi makanan pedas tetapi memiliki riwayat penyakit maag maka sebaiknya mulai menguranginya. Hindarilah makanan yang terlalu pedas karena menjadi pantangan asam lambung. Makanan ini seperti cabai, paprika, bawang merah, dan bawang putih.

  1. Makanan asam

Makanan yang terlalu asam ini juga sebaiknya dihindari oleh Anda yang memiliki asam lambung. Makanan yang terlalu asam biasanya berupa buah-buahan. Pada dasarnya buah-buahan ini baik untuk kesehatan akan tetapi lain halnya untuk penderita asam lambung. Contoh buah yang terlalu asam seperti kedondong, mangga muda, lemon, kiwi, dan lain sebagainya buah yang belum begitu masak. Selain buah yang asam, ada baiknya Anda juga dapat mengurangi konsumsi cuka serta biji asam jawa dalam masakan.

  1. Makanan berlemak

Makanan pantangan untuk penyakit asam lambung lainnya adalah makanan yang mengandung lemak. Konsumsi makanan yang berlemak ini ternyata juga mampu meningkatkan produksi asam lambung. Makanan berlemak tersebut dapat berupa makanan yang digoreng, makanan bersantan, daging-dagingan, jeroan, kulit, makanan cepat saji, dan sebagainya.

  1. Makanan yang mengandung gas

Asam lambung sangat sensitif terhadap makanan yang mengandung gas cukup tinggi. Makanan jenis ini dapat mengeluarkan gas alami saat berada di saluran pencernaan. Beberapa jenis makanan yang dimaksud seperti kol, asparagus, sawi, kacang polong, nangka, durian, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa contoh makanan pantangan asam lambung yang sebaiknya mulai Anda kurangi mulai sejak dini. Hal tersebut dilakukan supaya asam lambung Anda tidak meningkat sehingga tidak mengganggu aktivitas yang sedang Anda jalani. Atur pola makan dengan baik serta hindari makan terlalu banyak. Perhatikan pula waktu istirahat Anda serta olahraga lah secara rutin untuk memperlancar metabolisme tubuh dan secara langsung dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan baik. Bila sakit maag Anda tak kunjung sembuh maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang lebih lanjut sehingga terhindar dari penyakit maag kronis.