13 Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan Tubuh

13 Manfaat Daun Serai untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 16 Februari 2017 - Kesehatan

Manfaat Daun Serai – Tumbuhan ini merupakan keluaraga rumput-rumputan yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan aroma sebuah masakan. Bagi orang Indonesia pastinya sudah asing lagi dengan serai, karena mayoritas masakan daerah pasti menggunakannya. Ternyata selain sebagai bumbu dapur, serai juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini 13 manfaat serai untuk kesehatan tubuh, yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah :

  1. Mencegah Kanker

Sebuah studi penelitian menyebutkan jika serai memiliki kandungan senyawa citral, zat ini merupakan salah satu antikanker yang efektif dalam membasmi sel kanker dalam tubuh. Kita tidak perlu khawatir, karena zat ini tetap mempertahankan sel atau jaringan sehat dalam tubuh. Selain minum air rebusan serai, kita juga wajib hidup sehat dan olahraga yang teratur agar sel kanker dalam tubuh dapat hilang sampai ke akar-akarnya.

  1. Mengobati Diabetes

Air rebusan serai dapat membantu tubuh dalam membersihkan atau detoksifikasi pankreas. Maka dengan kata lain, hal tersebut dapat meningkatkan fungsinya, sehingga tingkat gula dalam darah penderita diabetes dapat menurun.

  1. Menjadi Anti inflamasi dan Antiseptik

Sifat yang terkandung dalam air rebusan serai ini, baik untuk digunakan sebagai obat alami arthritis, asam urat, dan radang saluran kemih.

  1. Membunuh Bakteri dan Jamur

Rutin mengkonsumsi air rebusan serai yang bersifat antiseptik dapat membantu dalam menghilangkan mikroorganisme jahat dalam tubuh. Senyawa dalam sereh akan mendetoksifikasi dan membersihkan darah, menghilangkan bakteri, serta jamur atau ragi dalam tubuh secara menyeluruh.

  1. Mengatasi Anemia

Daun serai memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu tubuh dalam sintesis Hemoglobin. Maka dengan kata lain, kandungan serai dapat mengobati anemia secara alami.

  1. Membantu Pengeluaran Racun

Daun serai memiliki sifat antioksidan, antiseptik, dan diuretik yang berguna dalam proses detoksifikasi. Maka kedua kandungan tersebut yang ditambah dengan efek diuretik dapat mengeluarkan dan membersihkan racun yang terdapat di dalam ginjal, hati, kandung kemih, pankreas, dan meningkatkan sirkulasi darah.

  1. Mengatasi Insomnia

Air rebusan serai memiliki kandungan yang dapat menenangkan, sehingga dapat membantu dalam meningkatkan proses dan kualitas tidur dari seseorang.

  1. Mampu Menurunkan Berat Badan

Rutin mengkonsumsi air rebusan serah dapat menurunkan berat badan secara alami. Kandungan yang terdapat dalam buah pala mampu mencairkan lemak. Selain itu efek diuretik bisa membantu dalam melancarkan volume BAB, efektif dan cepat.

  1. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Kandungan potasium yang tinggi dalam buah pala, mampu menurunkan dan mengatur tekanan darah. Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi dan sedang kambuh, sebaiknya langsung meminum air rebusan serai.

  1. Mengatasi Kolesterol

Kandungan senyawa anti kolesterol dan anti aterosklerosis dalam buah pala dapat membantu penyerapan kolesterol dari usus dan oksidasi kolesterol jahat dalam darah. Hal tersebut bisa mencegah awal terjadinya salah satu proses pembentukan plak aterosklerotik.

  1. Menjaga Sistem Saraf

Buah pala memiliki kandungan magnesium, fosfor, dan asam folat yang berguna dalam perkembangan dan fungsi sistem saraf. Zat tersebut juga mampu meningkatkan konsentrasi, memori, serta kemampuan otak dalam menerima dan mengolah sebuah informasi.

  1. Mengatasi Mulas

Gangguan pencernaan akan menyebabkan perut menjadi tidak enak atau mulas. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat asam dalam pencernaan terlalu banyak. Kita dapat mengatasinya dengan meminum air rebusan serai, kandungan senyawa dalam serai mampu mengurangi kambuhnya mulas pada perut atau gastritis.

  1. Meredakan Demam

Serai sudah dikenal sebagai obat alami penurun demam, kandungan senyawa efek anti piretik (mengeluarkan keringat) dalam serai inilah yang menjadi obat alami penurun demam. Jika orang demam meminum air rebusan serai maka akan otomatis berkeringat, hal ini karena telah dirangsang oleh efek anti piretik tersebut.