5 Kandungan dan Manfaat Tahu Yang Jarang Kita Ketahui

5 Kandungan dan Manfaat Tahu Yang Jarang Kita Ketahui

Rabu, 6 September 2017 - Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Tahu Yang Jarang Kita Ketahui – Tahu merupakan makanan pokok yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Makanan ini termasuk olahan dari kedelai yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Tekstur tahu yang lembut dan mudah dicerna membuat bahan makanan tersebut bisa dijadikan berbagai olalan lauk pauk dan cocok dikonsumsi bagi bayi dan ibu hamil.

Baca Juga: Cara Menggemukkan Badan

Adapun kandungan dari tahu itu sendiri sangat banyak, mulai dari karbohidrat, lemak, protein, mineral, kalori, fosfor, dan beberapa kandungan vitamin B-Kompleks hingga kalsium yang mampu membentuk kerangka tulang. Hampir terdapat kandungan asam lemak tak jenuh sebanyak 80 persen yang dapat mencegah penyakit jantung. Perlu anda ketahui tentang kandungan dan manfaat tahu bagi kesehatan tubuh manusia berikut ini.

Khasiat Tahu Bagi Kesehatan Tubuh

1.Meningkatkan Produksi Energi

Salah satu faktor yang terpenting supaya tubuh tetap berenergi adalah mengkonsumsi tahu. Pasalnya asupan gizi akan seimbang berkat kandungan zat besi yang memang menjadi zat paling baik yang terdapat pada tahu. Dimana hanya zat besi inilah yang berguna untuk proses pelepasan oksigen dan juga bagian dari hemoglobin. Dengan begitu proses terjadinya produksi nantinya akan bisa meningkat dan tubuh kembali sehat serta kuat.

  1. Membantu Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam tubuh. Keadaan seperti ini tentu akan menganggu fungsi dari kekebalan tubuh itu sendiri. Oleh karena itu, bagi penderita diabetes dianjurkan untuk selalu mengkonsumsi tahu. Hal ini tak terlepas dari kandungan protein yang baik pada tahu tersebut, sehingga dapat membantu dalam menurunkan kadar gula pada tubuh.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tahu memang mengandung zat protein yang cukup tinggi, karena berasal dari kedelai yang diolah. Rupanya, tahu bukan hanya kaya akan protein nabati namun juga berbagai kandungan lain ada di dalam tahu. Kandungan proten itu sendiri bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh manusia. Maka dari itu, seseorang yang intensif untuk konsumsi tahu akan dapat meminimalisir dari penyakit jantung koroner.

  1. Menurunkan Berat Badan

Konsumsi tahu cocok diterapkan bagi anda yang sedang menjalani program diet. Makanan tahu memang jenis bahan pokok yang bergizi sekaligus melancarkan diet atau mengatur tubuh agar bisa ideal. Pasalnya tahu mempunyai kandungan berupa serat dan termasuk bahan makanan pokok yang rendah akan kalori. Hal inilah yang menjadi makanan tahu baik dikonsumsi bagi penderita obesitas.

  1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah penyakit yang rentan dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Oleh sebab itu, makanan tahu baik dikonsumsi oleh mereka yang akan memasuki fase lansia. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam tahu meliputu protein yang tinggi. Bahkan terdapat kalsium yang cukup tinggi juga sehingga akan membantu dalam mencegah risiko osteoporosis.

Itu dia manfaat tahu yang jarang diketahui. Mungkin tahu bisa menjadi makanan hewani bekat kandungan protein yang tinggi, karena harganya yang relatif lebih murah daripada makanan hewani.