Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Selasa, 31 Oktober 2017 - Kesehatan

Hampir setiap wanita pernah mengalami keputihan. Nah, bagi kamu yang sedang mengalami keputihan, berikut adalah cara mengobati keputihan secara alami. Sebagai pertolongan pertama, kenali dulu keputihan yang anda alami, dan coba resep tradisional untuk mengatasi keputihan berikut ini.

Apa Penyebab Keputihan? Secara garis besar, jenis keputihan ada dua, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Jenis keputihan fisiologis biasanya dipicu oleh perubahan hormon dan terjadi setelah atau sebelum haid dan di masa subur. Jumlah keputihan ini tidak terlalu banyak, encer, dan tidak berbau. Keputihan fisiologis kebanyakan tidak berbahaya dan temasuk normal. Sebaliknya, keputihan patologis disebabkan oleh infeksi dan termasuk jenis penyakit. Ciri-cirinya adalah cairannya lebih kental, bau tidak sedap, gatal dan dalam jumlah banyak.

Penyebab keputihan bisa beragam, diantaranya adalah kurangnya kebersihan di area intim. Kelembaban di daerah intim anda akan meningkat dan bakteri patogen akan menyebar dengan cepat. Selain itu, keputihan dapat disebabkan oleh stres, penggunaan obat-obatan tertentu, jamur dan virus. Keputihan sudah menjadi masalah klasik seorang wanita dari jaman dulu, dan sudah banyak ramuan tradisional untuk mengatasi keputihan. Tapi yang tidak boleh diabaikan adalah upaya pencegahan pada keputihan.

1. Upaya Pencegahan

Menjaga kebersihan area intim adalah hal utama untuk mencegah keputihan. Pilih celana dalam yang nyaman dan menyerap keringat, dan ganti secara teratur. Pemilihan celana dalam memang tampak sepele, dan dampaknya tidak akan langsung terasa. Namun jika anda terus menerus memakai celana dalam sembarangan yang tidak mampu menyerap keringat, dampaknya tentu akan terasa di masa yang akan datang. Lakukan pula relaksasi untuk menghindari stres dan hindari kegiatan yang terlalu melelahkan. Langkah pencegahan ini harus anda perhatikan baik-baik supaya keputihan tidak terjadi lagi dikemudian hari.

2. Ramuan Tradisional

Daun sirih menjadi resep tradisional yang sangat populer untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan di area intim. Salah satu resepnya ditulis oleh Hembing dalam bukunya, sebagai berikut: Gunakan 15 lembar daun sirih, dicuci dan direbus dengan 2 liter air hingga mendidih. Gunakan untuk mencuci vagina dalam keadaan hangat, beberapa kali sehari.

Resep lainnya, ambil 15 gram kulit delima kering, 10 gram sambiloto kering, 20 gram kunyit (diiris-iris). Bahan-bahan tersebut dicuci bersih lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari. Baca Juga: Manfaat Kunyit

Cukup mudah bukan? Denga bahan tradisional sederhana, anda sudah bisa mengatasi masalah keputihan yang menganggu. Mungkin anda akan bertanya, apakah cara di atas benar-benar ampuh? Untuk sebuah jaminan pasti, tentu kami tidak bisa memberikan janji pada anda, karena hasil yang akan didapat bisa berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh rutinitas anda dalam mengonsumsi ramuan-ramuan di atas. Jika anda hanya mengonsumsi ramuan dalam kurun waktu beberapa hari saja, tentu keputihan tidak akan serta merta hilang. Mengingat ini merupakan cara yang alami, maka anda jangan berharap pada hasil yang super cepat atau instan. Dibutuhkan konsistensi dan rutinitas untuk mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal dalam mengatasi keputihan.

Jika anda telah membaca ulasan di atas secara menyeluruh, kini anda tidak perlu panik jika mengalami keputihan. Anda bisa mencoba cara alami untuk mengatasi keputihan dengan melakukan pencegahan dan menggunakan ramuan tradisional. Namun jika anda merasa masalah keputihan anda sudah tidak normal dan tidak berhasil mengatasinya dengan cara-cara di atas, maka kami menyarankan pada anda untuk segera berkonsultasi pada dokter.