Ngobrol SEO bareng Airul

Ngobrol SEO bareng Airul

Selasa, 28 Februari 2017 - Digital

Pakar SEO, salah satu keyword yang di sebut-sebut sebagai salah satu keyword dengan persaingan yang cukup tinggi. Bagi para praktisi SEO, mampu menaklukkan keyword ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Dan pada kesempatan kali ini, Xcellent Marketing punya kesempatan untuk mewawancarai salah satu pakar SEO di Indonesia, Airul.

Airul adalah seorang praktisi SEO yang saat ini bekerja di sebuah perusahaan asing bernama Solidiance, meskipun masih sangat muda (23 Tahun), ia kini sudah dipercaya menjadi seorang SEO Lead di perusahaan tersebut. Selain itu, dari keahlian dia dibidang SEO, ia juga mendirikan bisnis sendiri dan sudah memiliki kurang-lebih sekitar 7 orang karyawan. Beberapa teknik SEOnya bisa dibaca di blog pribadinya mastahseo.com

Mas Airul, menurut mas apa yang harus dilakukan seseorang untuk belajar SEO?

Baca Juga: Kopi Hijau

Apa ya? passion dan rasa ingin tau yang besar mungkin. Karena SEO itu ilmu analisis, kalau nggak punya rasa ingin tau ya susah. Awalnya dari situ dulu, baru ke bicara soal teknis. Banyak orang yang ketika dateng ke saya buat belajar, kemudian saya jelaskan ini itu, eh udah bilang “duh susah ya mas, nggak ngerti”. Kalau udah gitu, ya udah, ini bukan bidang yang tepat buat kamu.

Baca Juga:

Oke, banyak orang yang bilang. SEO itu udah mati, tinggal pasang Adwords aja, tinggal jualan aja di Marketplace.

Saya kurang setuju dengan ini, menurut penelitian yang saya baca, 80-90% orang lebih memili organic search dibanding paid search. Itu membuktikan bahwa SEO masih jauh dibanding Adwords. Untuk masalah marketplace, bentar saya boleh nyebut merk nggak sih?

Boleh mas.

Kita disini main logika ya, sederhana saja. Lihat Tokopedia, berapa banyak keyword yang mereka kuasai. Lihat website mereka, selalu ada lowongan SEO Specialist. Pertanyaan sederhana, mengapa marketplace butuh SEO Specialist?

Karena mereka pengen punya banyak visitors mas.

Nah, simple bukan? berarti salah satu strategy marketing marketplace adalah SEO. Paham dengan maksud saya?

Paham mas.

Simplenya gini mas, kalau mas bisa punya website yang bisa ngalahin Tokopedia di Google, ngapain harus ribet-ribet jualan di Tokopedia. Mending bikin Tokopedia sendiri.

Nah, tapi kenapa mas masih bekerja di Perusahaan? mas juga udah punya bisnis bukan? Ngapain ribet-ribet ngurusin SEO milik perusahaan orang?

Good questions. Meskipun saya nggak bisa open jawaban semuanya, ada hal yang bersifat pribadi. Yang jelas, saya bekerja di perusahaan ini untuk mencari ilmu, karena perusahaan ini kan perusahaan konsultan bisnis. Jadi saya berusaha untuk belajar hal baru, karena saya yakin SEO ini jika dikombinasikan dengan ilmu lain bisa menjadi sesuatu yang besar.

Contohnya mas?

Ya start-up mungkin.

Menurut mas, seberapa penting sih peran SEO untuk sebuah perusahaan?

Sebenernya, hampir semua perusahaan yang ingin maju harus mulai untuk mengenal digital marketing, bukan hanya SEO. Sekarang dunia berkembang ke arah digital.

Kalau begitu, peluang untuk berkarir di bidang ini cukup besar?

Betul, tapi sayangnya…

Sayangnya kenapa mas?

Sayangnya orang-orang yang bekerja di bidang ini masih kurang di hargai. Saya pernah denger dari temen-temen saya, mereka hanya di gaji setara UMR Jakarta, lebih dikit paling. Kalau saya, ya mohon maaf, 2x lipat dari UMR saja saya nggak mau. Wong saya bisa kok hasilin sesuatu yang lebih. Kalau kata pak Soeharto, gak kerjo neng perusahaan gak patheken.

Lantas kira-kira saran untuk perusahaan yang masih menggaji para SEO Specialist dengan gaji rata-rata apa mas?

Perusahaan nggak bisa disalahkan sebenarnya, yang salah ya kenapa mau menerima tawaran tersebut. Saran saya justru ke para SEO Specialist tersebut, kalau merasa mampu ya harus punya prinsip gak kerjo neng perusahaan gak patheken.

Keren ini, bener mas. Jadi sedikit terbuka wawasan saya.

Lha iya to, ngapain capek-capek? bikin aja website sendiri, misal buat Adsense. Kalau sekedar ngasilin setara UMR Jakarta aja saya rasa jika memang punya kualitas ya cincay lah.

Ya, kurang lebih seperti itu hasil wawancara kami dengan mas Airul. Diluar SEO kami juga ngobrol banyak hal, dan jujur meskipun masih muda, sosok ini memang sangat inspiratif.