Kunyit, Si Kuning Superfood Indonesia dengan Beragam Khasiat untuk Tubuh

Kunyit, Si Kuning Superfood Indonesia dengan Beragam Khasiat untuk Tubuh

Sabtu, 11 November 2017 - Kesehatan

Indonesia terkenal akan rempah-rempahnya dan salah satunya adalah kunyit. Superfood Indonesia ini termasuk sebagai keluarga dari jahe-jahean. Ada 2 jenis kunyit yaitu kunyit kuning yang biasanya ditemui dan digunakan untuk memasak dan kunyit putih yang bermanfaat untuk kesehatan seperti untuk penawar bisa ular. Baik kunir putih ataupun kunir kuning, keduanya memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh.

 

Kunyit merupakan salah satu tanaman dari Indonesia yang memiliki ketinggian mencapai 7- cm dengan batang pohon tegak dan berwarna hijau kekuning-kuningan dengan jenis batang semu. Tanaman rimpang yang mempunyai 2 warna di bagian dalam yang berwarna jingga terang yang kekuning-kuningan dan di bagian luar yang berwarna jingga agak kecoklatan ini memiliki kandungan minyak asiri sebanyak 3-5%, kandungan pati, resin, minyak esensial yang bagus untuk tubuh.

 

Superfood dari Indonesia ini memiliki berbagai manfaat. Pertama adalah membantu untuk meredakan sakit perut. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan di tahun 1989 menyebutkan jika pemberian kunyit lebih efektif dibandingkan dengan pemberian plasebo untuk mengatasi mulas dan gangguan pencernaan.

 

Kedua adalah mengurangi nyeri sendi. Peneliti yang pernah meneliti kunyit menemukan jika suplemen dari ekstrak kunyit memiliki manfaat yang sama dengan penggunaan obat ibuprofen yang berfungsi untuk mengurangi nyeri di sendi dari penderita osteoarthritis lutut.

 

Manfaat lainnya dari kunyit untuk kesehatan tubuh, yaitu:

 

  • Membantu mencegah serangan jantung karena mengandung kurkumin. Berdasarkan hasil studi di tahun 2012 dengan 121 pasien yang telah operasi baypass jantung di tahun 2009-2011 menyebutkan jika kandungan kurkumin di dalam kunyit bisa membantu mencegah serangan jantung. Kandungan kurkumin tersebut tidak hanya sebagai antioksidan namun juga sebagai antiinflamasi sehingga pasien yang menjalani operasi bypass 65% lebih rendah terkena serangan jantung.
  • Obat diabetes. Hasil studi di tahun 2012 menyebutkan, kapsul kurkumin bisa menunda lebih lama seseorang yang menderita pradiabetes menjadi diabetes tipe 2.
  • Membantu melawan kanker. Kurkumin yang ada di kunyit bisa mengganggu pertumbuhan ataupun perkembangan dari sel kanker sehingga sel penyebaran sel kanker bisa dicegah.
  • Melindungi fungsi otak dan menurunkan resiko terkena Alzheimer lebih dini.

 Anda bisa dengan mudah membeli kunyit di pasar tradisional atau membeli di Lemonilo. Di sini, selain kunyit sebagai superfood Indonesia yang bagus untuk kesehatan bisa Anda temukan, Lemonilo juga menyediakan beragam produk yang sehat dan organik tanpa bahan pengawet atau bahan kimia yang berbahaya untuk tubuh. Tidak hanya makanan namun juga minuman sehat seperti air kelapa murni bisa juga Anda temukan di Lemonilo untuk mengatasi dehidrasi Anda. Jadi, tunggu apalagi, kunjungi Lemonilo dan temukan beragam superfood enak nan bergizi hanya di Lemonilo!

 

Makanan yang Bisa Menjadi Alternatif Superfood Indonesia

 

Makanan selain untuk mengenyangkan, namun juga bisa dijadikan obat dan tindak pencegahan akan berbagai macam penyakit. Salah satu makanan yang sedang sangat populer manfaatnya saat ini adalah Superfood Indonesia. Mungkin Anda sudah kerap mendengar tentang makanan super atau superfood ini.

 

Superfood sendiri merupakan makanan yang berasal dari nabati serta jenis ikan-ikanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan padat sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

 

Meski memang tinggi akan khasiat, namun tidak semua makanan super ini lezat di lidah sehingga justru banyak sekali orang yang menghindari makan superfood dari Indonesia ini. Beberapa jenis makanan bahkan banyak yang menyebut tidak membuat makan menjadi berselera. Untuk menyiasati hal ini, maka Anda bisa menggunakan alternatif pengganti superfood dengan rasa yang lebih lezat berikut ini:

  •  
  • Kubis untuk menggantikan kembang kol

Kembang kol kini sudah sama tenar dengan brokoli. Namun rasa kembang kol yang hambar dengan bau yang kurang sedap membuat banyak orang cenderung menghindari kembang kol padahal nutrisinya yang begitu besar. Untuk bisa menggantikan kebutuhan nutrisi dari kembang kol, Anda bisa menggantinya dengan sayur kubis yang juga mampu mendukung kekebalan tubuh, mencegah penyakit kanker dan jantung, serta detoks alami.

 

  • Biji wijen menggantikan biji chia

Belakangan ini ketertarikan akan biji chia semakin banyak di pasaran sejak fenomena superfood. Namun terkadang ketika bosan mengkonsumsi biji chia, Anda juga perlu camilan lainnya yang juga bisa menutupi nutrisi tubuh Anda. Anda bisa memilih biji wijen yang juga memiliki asam lemak omega 3 yang banyak seperti halnya biji chia. Biji wijen pun memiliki kandungan mineral dan magnesium yang baik dalam pembentukan otot, saraf serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

 

  • Buncis menggantikan quinoa

Quinoa saat ini sedang menjadi raja dari keluarga gandum-ganduman. Namun ternyata jika ditilik kembali dari manfaatnya, sebetulnya Anda juga bisa mendapatkan gizi dengan takaran sama dari buncis. Seperti halnya quinoa, buncis juga memiliki kandungan antioksidan, mineral, serat, hingga protein yang sangat baik untuk tubuh.

 

  • Cranberry menggantikan goji berry

Goji berry sudah sangat populer dipergunakan di dalam pengobatan Cina. Namun rasa goji berry yang pahit kerap membuat banyak orang kurang menyukainya. Sebagai alternatif pengganti goji berry, Anda juga bisa menjadikan cranberry sebagai penggantinya karena kaya akan antioksidan dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Itulah beberapa makanan yang bisa dijadikan alternatif menu superfood Anda. Untuk kemudahan dalam mendapatkan superfood Indonesia, kini Anda bisa langsung memesannya secara online di e-commerce makanan sehat Lemonilo. Untuk Anda yang membeli lebih dari 150 ribu rupiah akan langsung bisa mendapatkan gratis ongkos kirim. Jadi tunggu apa lagi? Segera belanja di Lemonilo sekarang.